Back To Top

Skenario Materi/Pembelajaran PLPG 2017

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS
Dalam PLPG tahun 2017 ini agak berbeda dengan saat PLPG 2016 dimana ada tambahan beberapa materi terkait dengan proses sebelum PLPG yakni proses pembekalan/prakondisi PLPG.
Berikut ini skenario pembelajaran PLPG 2017 secara lengkap.


1. Materi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (6 JP)
Materi ini meliputi: (1) guru profesional (Standar Kompetensi Guru); (2) penilaian kinerja guru (PKG); (3) pengembangan diri; (4) guru pembelajar; (5) literasi; (6) etika profesi; dan (7) wawasan Penelitian Tindakan Kelas. Pembelajaran berpusat pada peserta didik, dengan pendekatan saintifik. Materi dikemas dan
disampaikan secara menarik, mudah dipahami, mampu mendorong terjadinya interaksi pembelajaran yang saling menghargai dan dapat mengoptimalkan potensi peserta didik.
Skenario pembelajaran KPPG adalah sebagai berikut.
a. Instruktur menyampaikan tujuan pembelajaran, apersepsi dan wacana yang berupa kasus/fenomena untuk merangsang peserta didik untuk bertanya dan berargumentasi.
b. Instruktur memfasilitasi peserta didik untuk berdiskusi dan menggali informasi melalui berbagai sumber dan media belajar. 
c. Instruktur membimbing peserta dalam mengolah/menganalisis/mengasosiasi informasi menjadi bermakna dan dapat mengomunikasikannya kepada orang lain.

2. Presentasi Laporan Prakondisi (6 JP)
Presentasi laporan prakondisi bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional peserta sebagai hasil dari belajar mandiri sumber belajar pedagogik dan bidang studi. Disamping itu, presentasi laporan prakondisi  juga dapat menjadi ajang peserta dalam mempertanggungjawabkan (akuntabilitas) pelaksanaan prakondisi termasuk laporan yang disusun. Presentasi laporan prakondisi dilaksanakan dalam kelompok yang terdiri atas 10 peserta (dalam kondisi tertentu jumlah kelompok dapat disesuaikan) dengan difasilitasi oleh satu orang instruktur yang memiliki NRI PLPG yang relevan. Secara teknis presentasi laporan prakondisi dilaksanakan dengan ramburambu
sebagai berikut.

a. Bobot presentasi laporan prakondisi 6 JP sehingga tersedia durasi waktu selama  300 menit untuk setiap kelompok yang berjumlah 10 orang peserta.
b. Seiap peserta diberikan waktu presentasi selama 20 menit.
c. Peserta mempresentasikan secara ringkas isi laporan yang telah disusun yang meliputi ringkasan, materi penting atau esensial tetapi tidak ada di dalam sumber belajar, materi yang tidak penting (tidak perlu) tetapi ada di dalam sumber belajar, dan jawaban soal uraian.
d. Instruktur memberikan balikan atau komentar dan memberikan penilaian dengan menggunkan format yang telah disediakan.

Pendalaman Materi Bidang Studi (28 JP)
Materi  yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan awal  peserta yang dapat diketahui melalui pertanyaan penjajagan oleh instruktur. Instruktur perlu memperhatikan materi yang relevan dengan kisi-kisi PLPG 2016 melalui pembelajaran dengan berbagai model pembelajaran antara lain discovery learning, inquiry learning, problem based learning, dan/atau project based learning.
Skenario pembelajarannya sebagai berikut.
a. Instruktur memfasilitasi peserta untuk mengidentifikasi materi dari kisi-kisi PLPG yang dianggap sulit, baik dalam memahami maupun cara mengajarkannya selama mereka menjadi guru.
b. Instruktur memfasilitasi peserta didik dalam merumuskan permasalahan yang relevan dengan materi yang sulit melalui penayangan video, gambar, diagram, atau objek lain yang relevan.
c. Instruktur memfasilitasi dalam menggali informasi untuk menemukan alternatif solusi dalam pemecahan masalah.
d. Instruktur memfasilitasi pembelajaran kolaboratif melalui kerja kelompok dan peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok secara lisan/poster/unjuk kerja/gesture.
e. Instruktur melakukan konfirmasi/penguatan terhadap hasil kerja dan diskusi kelompok.
f. Instruktur memberikan tugas-tugas mandiri untuk materi yang memerlukan pendalaman lebih lanjut.

Pendalaman Materi Pedagogik (8 JP)
Pendalaman materi pedagogik mencakup: (1) pengenalan karakter dan pengembangan potensi peserta didik; (2) teori belajar dan model pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa; (3) pengembangan kurikulum; dan (4) penilaian pembelajaran. Pembelajaran diawali dengan pertanyaan penjajagan oleh instruktur. Instruktur perlu memperhatikan materi yang relevan dengan kisi-kisi PLPG 2016 melalui pembelajaran dengan berbagai model pembelajaran antara lain discovery learning, inquiry learning, problem based learning, dan/atau project based learning.

Skenario pembelajarannya sebagai berikut.
a. Instruktur memfasilitasi peserta untuk mengidentifikasi  problematika pembelajaran yang terkait dengan materi kisi-kisi PLPG yang dianggap sulit, baik dalam memahami maupun cara mengajarkannya selama mereka menjadi guru melalui
penayangan video pembelajaran, gambar, wacana atau objek lain yang relevan.
b. Instruktur memfasilitasi peserta didik dalam merumuskan permasalahan yang relevan.
c. Instruktur memfasilitasi dalam menggali informasi untuk menemukan alternatif solusi dalam pemecahan masalah. 
d. Instruktur memfasilitasi pembelajaran kolaboratif melalui kerja kelompok dan peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok secara lisan/poster/unjuk kerja/gesture.
e. Instruktur melakukan konfirmasi/penguatan terhadap hasil kerja dan diskusi kelompok.
f. Instruktur memberikan tugas-tugas mandiri untuk materi yang memerlukan pendalaman lebih lanjut.


Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran (30 JP)

Dalam pelaksanaan workshop, setiap rombel (misalnya 30 peserta) difasilitasi oleh 2 (dua) orang instruktur yang memiliki NRI. Aktifitas workshop berupa pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil analisis KD tertentu. Dalam pengembangan perangkat tersebut instruktur harus mengarahkan peserta agar merujuk pada sumber belajar. Workshop pengembangan perangkat pembelajaran merupakan satu kesatuan yang utuh. Setiap peserta wajib mengembangkan masing masing 2 (dua) set RPP untuk digunakan dalam praktik pembelajaran (peerteaching) dan ujian praktik.


Praktik Pembelajaran dalam Bentuk Peer Teaching (10 JP)

Praktik pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk peer teaching/peer guidance and counseling. Peer teaching/peer guidance and counseling dilaksanakan dalam kelompok yang terdiri atas 10 peserta (dalam kondisi tertentu jumlah kelompok peer teaching/peer guidance and counseling dapat disesuaikan) dengan difasilitasi oleh satu orang instruktur yang memiliki NRI PLPG yang relevan.
Rambu-rambu praktik pmbelajaran secara umum sebagai berikut.
a. Lama waktu untuk setiap peserta melakukan praktik adalah 1 JP atau selama 50 menit.
b. Peserta dalam rombel dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, setiap kelompok terdiri dari 10 peserta, selanjutnya setiap kelompok kecil melakukan hal-hal berikut.
c. Setiap peserta tampil dua kali, tampilan pertama merupakan latihan dan pada tampilan kedua merupakan ujian praktik atau ujian kinerja.
Buku 3 Sergur Rambu-rambu PLPG 2017


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,