Report Abuse

Blog berisi kumpulan produk hukum Indonesia.

Inilah Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Hasil Bimtek LPMP DKI


Beberapa waktu yang lalu telah kami bagikan artikel mengenai telah selesainya Revisi Kurikulum 2013, dimana materinya telah disederhanakan. Nah berikut hasil Bimtek Kurikulum 2013 hasil revisi yang telah dilaksanakan di LPMP DKI pada tanggal 23-27 Mei 2016.

Inilah Kurikulum 2013 Hasil Revisi
Inilah Kurikulum 2013 Hasil Revisi

  1. Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional namun tetap Kurikulum 2013 Edisi revisi yang berlaku secara Nasional.
  2. Penilaian sikap KI 1 & KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya Pendidikan Agama dan PPKn namun Ki tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP.
  3. Jika ada 2 nilai praktek dalam 1 kd, maka yg diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata2. untuk pengetahuan, bobot penilaian harian dan penilaian akhir semester itu sama.                    
  4. Pendekatan scientific 5M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya  tidak harus berurutan
  5. Silabus Kurikulum 2013 edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom yaitu KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran
  6. Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, UAS menjadi penilaian akhir semester utk semester 1 dan penilaian akhir tahun untuk semester 2. Dan sudah tidak ada lagi UTS langsung ke penilaian akhir semester.
  7. Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
  8. Skala penilaian menjadi 1-100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.
  9. Remedial diberikan untuk yg kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yg dicantumkan dalam hasil          
Adapula kelengkapan guru yang harus dilengkapi yakni Buku Kerja Guru. 

http://kimiasmaypk.blogspot.co.id

Related Posts